RPP K13 Mata Pelajaran Matematika SMP

RPP K13 Mata Pelajaran Matematika SMP


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

                 

                                             Nama Sekolah           :     .............................

                                             Mata Pelajaran          :     Matematika

                                             Kelas                         :    VII (Tujuh)

                                             Semester                   :     1 (Satu)

 

Standar Kompetensi   :BILANGAN     

                                       1.      Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar       :  1.1.   Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

Alokasi Waktu            :           13 jam pelajaran (7 pertemuan).

 

A.      Tujuan Pembelajaran

-       Pertemuan Pertama :

o   Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.

o   Peserta didik dapat menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan.

-       Pertemuan Kedua :

o   Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

o   Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

-       Pertemuan Ketiga  :

o   Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

-       Pertemuan Empat  :

o   Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat secara Disiplin ( Discipline )

-       Pertemuan Kelima:

o   Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.

o   Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

o   Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.

-       Pertemuan dan Keenam:

o   Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan  pecahan dan bilangan desimal.

o   Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

o   Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

-       Pertemuan Ketujuh :

o   Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

 

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

B.      Materi Ajar

Bilangan Bulat, yaitu mengenai:

a.       Mengenal  bilangan negatif.

b.       Menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan bulat.

c.       Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat

d.       Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

e.       Mengingat  bilangan pecahan.

f.        Mengenal pecahan biasa dan campuran.

g.       Mengenal pecahan yang senilai.

h.       Mengurutkan pecahan.

i.        Mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya.

j.        Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.

k.       Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

l.        Menyelesaikan perpangkatan pecahan.

m.     Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

n.       Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

Bilangan bulat adalah :

Bilangan terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 dan tidak dimasukkan lagi secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan.

Himpunan semua bilangan bulat dalam matematika dilambangkan dengan Z (atau \mathbb{Z}), berasal dari Zahlen (bahasa Jerman untuk "bilangan").

 

Himpunan Z tertutup di bawah operasi penambahan dan perkalian. Artinya, jumlah dan hasil kali dua bilangan bulat juga bilangan bulat. Namun berbeda dengan bilangan asli, Z juga tertutup di bawah operasi pengurangan. Hasil pembagian dua bilangan bulat belum tentu bilangan bulat pula, karena itu Z tidak tertutup di bawah pembagian.

 

 

Penambahan

Perkalian

closure:

a + b   adalah bilangan bulat

a × b   adalah bilangan bulat

Asosiativitas:

a + (b + c)  =  (a + b) + c

a × (b × c)  =  (a × b) × c

Komutativitas:

a + b  =  b + a

a × b  =  b × a

Eksistensi unsur identitas:

a + 0  =  a

a × 1  =  a

Eksistensi unsur invers:

a + (−a)  =  0

 

Distribusivitas:

a × (b + c)  =  (a × b) + (a × c)

Tidak ada pembagi nol:

 

jika a × b = 0, maka a = 0 atau b = 0 (atau keduanya)

 

1. Mengenal  bilangan negatif

  

              Operasi penjumlahan bilangan bulat negatif merupakan salah satu materi yang sulit di kuasai oleh siswa, padahal materi ini merupakan prasyarat beberapa pokok bahasan di tingkat selanjutnya. Konsep penjumlahan bilangan bulat negatif merupakan konsep dasar yang harus dikuasai siswa. Namun meskipun materi ini sudah diajarkan sejak SD, ternyata di tingkat SMP masih banyak yang belum menguasainya.

Bahkan di tingkat SMA masih ada saja yang bingung menghadapi masalah penjumlahan bilangan negatif ini. Saya pernah bertanya pada siswa berapa hasil -7 + 4, ternyata lebih dari separo bagian siswa di kelas menjawab salah, kesalahan terbanyak adalah siswa menjawab -11.
Kali ini akan saya ceritakan pengalaman saya mengajar anak SD dan SMP dengan metode yang kita pinjam dari pelajaran IPA yaitu muatan listrik. Kita tahu bahwa muatan listrik positif bertemu dengan negatif akan menjadi netral atau bisa dikatakan nol. Ini kita jadikan kesepakatan yang paling utama. Jadi kalau -4 bertemu +4 akan jadi nol.
Begini jelasnya, misalnya kita akan menghitung 6 – 7 , berarti positif 6 bertemu negatif 6 hasilnya nol, sisanya masih negatif 1, artinya hasilnya -1.
Perhatikan gambar berikut :

Contoh lain, -4 -3 hasilnya dapat dijelaskan dengan gambar berikut :


C.      Metode Pembelajaran

þ  Ceramah,

þ  tanya jawab,

þ  diskusi,

þ  pemberian tugas.

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Ø   Pertemuan Pertama

         A. Pendahuluan     :  -     Apersepsi :  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

-          Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Sugi dan Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.

F  Peserta didik dapat menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan

F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  memfasilitasi peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket  mengenai bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan, pengurutan bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.

F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara bertanggung jawab ( responsibility );

F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;

Ø  membantu menyelesaikan masalah;

Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;

Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

 

Ø   Pertemuan Kedua

         A.Pendahuluan    :-  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

                                 -  Membahas PR.

         B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan ateri tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    mengenai menjumlahkan bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model koin), mengenai mengurangkan bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model koin), mengenai mengalikan bilangan bulat, dan mengenai membagi bilangan bulat).        

F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan (dengan garis bilangan atau model koin), perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan, mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan model koin, berturut-turut mengenai cara mengurangkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan dan model koin.

F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket berturut-turut mengenai penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, dan  berturut-turut mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin.

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada operasi penjumlahan, mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada operasi pengurangan, juga mengenai pertanyaan terbuka, operasi campuran, dan pola bilangan, mengenai perkalian bilangan bulat dan operasi pangkatnya, dan mengenai pembagian bilangan bulat dan operasi pangkatnya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai hasil perkalian dua bilangan bulat yang bertanda sama dan berbeda tanda, mengenai sifat perkalian bilangan berpangkat pada blangan bulat, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.

F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

 

Ø   Pertemuan Ketiga

         A.Pendahuluan  :  -  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

                                 -  Membahas PR.

         B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan. mengenai cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan atau tanpa kalkulator, mengenai pemecahan masalah).        

F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.      

F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;

Ø  membantu menyelesaikan masalah;

Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;

Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ dan “Portofolio“.

 

Ø   Pertemuan Keempat     

   A. Pendahuluan  :  - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

- Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

         B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat..          

F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.

F  Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.

F  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;

Ø  membantu menyelesaikan masalah;

Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;

Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F  Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang bilangan pecahan.

 

Ø   Pertemuan Kelima

         A. Pendahuluan  :  -  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

         B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil), cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain, dan cara mengurutkan pecahan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    mengenai mengingat bilangan pecahan, mengenai mengenal pecahan biasa dan campuran, mengenai mengenal pecahan yang senilai, mengenai mengurutkan pecahan, mengenai mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai mengenal persen dan permil, dan mengenai mengenal bilangan desimal).         

F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil), cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain, dan cara mengurutkan pecahan.  

F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diwarnai dan diraster, mengenai cara mencari pecahan yang senilai, mengenai cara menyederhanakan suatu pecahan, mengenai cara mengurutkan pecahan, mengenai cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai cara mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk desimal, cara mengurutkan beberapa bilangan desimal menggunakan garis bilangan, dan cara membulatkan bilangan desimal sampai satu dan dua tempat desimal.

F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai bilangan pecahan, mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar, mengenai penentuan pecahan yang senilai, mengenai mengurutkan pecahan, mengenai mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai bilangan desimal

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diarsir, mengenai penentuan pecahan yang senilai, dan penyederhanaan pecahan, mengenai pengurutan pecahan, mengenai  pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai pengubahan pecahan biasa atau campuran ke dalam bentuk desimal dan sebaliknya, pengubahan suatu bilangan desimal dalam bentuk persen, pengurutan beberapa bilangan desimal menggunakan garis bilangan, dan pembulatkn bilangan desimal sampai satu dan dua tempat desimal, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diwarnai/diraster, dan mengenai pengurutan pecahan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.

F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;

Ø  membantu menyelesaikan masalah;

Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;

Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

 

Ø   Pertemuan Keenam      

         A. Pendahuluan  :  -  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

 

         B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan  pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan desimal, mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pecahan, mengenai cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta mengenai cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal).        

F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan  pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.   

F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan perkalian pecahan, mengenai cara menyelesaikan pembagian pecahan, mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, mengenai cara menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai cara menuliskan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian pecahan, mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan desimal, dan mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian desimal.

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan, mengenai perkalian dan pembagian pecahan, mengenai pemecahan masalah, mengenai penjumlahan dan pengurangan desimal, mengenai perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai perpangkatan pecahan atau desimalmengenai penulisan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai penaksiran hasil operasi penjumlahan,  pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan desimal.          

F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai perkalian pecahan.

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

 

 

Ø   Pertemuan Ketujuh.     

   A. Pendahuluan  :  - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

- Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

         B. Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.

F  Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.

F  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

 

§ Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

C. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

 

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber :   

-        Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1

-        Buku referensi lain.

 

Alat :

-                Laptop,LCD,OHP

              

F.      Penilaian Hasil Belajar 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Memberikan contoh bilangan bulat.

 

Ø  Menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan.

 

Ø Melakukan operasi penjumlah-an, pengurang-an, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 

Ø  Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

 

Ø  Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

 

Ø  Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.

 

Ø  Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 

Ø  Mengurut-kan pecahan.

 

Ø  Menyelesai-kan operasi hitung: penjumla-han, pengurang-an, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan  pecahan dan bilangan desimal.

 

Ø  Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

 

Ø  Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

Tes tertulis

Tes uraian

1.      Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.

          a. Tulislah bilangan bulat

             positifnya.

          b. Tulislah bilangan bulat

             negatifnya.

          c.  Manakah yang bukan

              bilangan bulat positif

              maupun negatif.

 

2.       Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.

          a.  -6, 5, -8, 0, 1

          b.  -1, -2, 3, 4, 10

 

3.       Hitunglah.

          a.  4 + (-6)

          b.  -14 – (-20)

          c.  3 x (-7 + 10)

          d.  18 : (-3)

 

4.       Hitunglah.

          a.  Kuadrat dari (-20)

          b. 

          c. 

          d.

 

5.       Dalam suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang, dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....

 

6.       Sederhanakanlah bentuk perkalian 3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.

 

7.       Tulislah  sebagai pecahan

         biasa.

 

8.       Tulislah  sebagai pecahan campuran.

 

9.       Tulislah   dalam persen dan permil.

 

10.    Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil.

          a.  

          b. 

 

11.    Ubahlah pecahan   dalam bentuk desimal.

        

12.    Hitunglah:

          a.   

          b.   

          c.    16,7 + 4,25

          d.    5,8 – 4,37

          e.    

 

13.    Tulislah dalam bentuk baku.

          a.    0,00000007201

          b.   25,6 

 

14.    Taksirlah.

          a.  

          b.  

          c.   1,39 + 0,69

          d.   72,3 : 8,7 

 

15.    Jika , berapakah      nilai ?

 

16.    Berapakah 9 + 18 : 4,5 ?

             a.   6            c. 31,5

             b.  13           d. 36

           

 

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs …………….

 

 

 

( ......................................................... )

NIP/NIK :…………..……………….

 

........., ......, ............... 20...

Guru Mapel Matematika.

 

 

 

( ............................................ )

NIP/NIK :…….…………….

 


Naskah Kabaret Sunda Lucu - Pamingpin Rakyat Desa Seungitan Heula - Part 11

Naskah Kabaret Sunda Lucu - Pamingpin Rakyat Desa Seungitan Heula - Part 11



PAMINGPIN RAKYAT DESA SEUNGITAN HEULA!!!



BAGEAN KA-11 (PANGHITUNGAN SURAT SUARA)
Pa Miftah jeung Mang Awan hatena ker taregang.. kusabab sora anu aya teu beda jauh ... sok sanajan Pa Miftah lewih unggul 2 suara. Tapi masih keneh aya 5 surat suara deui .. Hidupp Pa Miftah.....Hidup Mang Awan..
Pa Lurah  : Ngan ukur benteun 2 ieu makh ..
Ce Endes : Hidup Pa Miftah..
Ceu Neng : Hidup mang Awan ...
Ajudan     : Pa bakal menang ges beda dua ayeunamah..
Pa Lurah  : Ehhhh tenang atuh Ceu ...
Pa Miftah : Nya puguh we atuh Simkuring anu bakal jadi lurah anyar makh... siapkeun lauk Ajudan urang ngabedahkeun.. bendung susukana nya..
Ajudan     : Siapp-siap..
Pa Yasa    : Dua ..
Kabeh      : Sah.
Pa Miftah : Haduuh lapurr...(Bari nepak tarang)
Pa Yasa    : Satu ..
Kabeh      : Sah ..
Pa Miftah : Hahahahahahha
Pa Yasa    : Dua..
Kabeh      : Sah..
Pa Miftah : Hadu alahh .. haduh alahhh ... Gustiiii
Pa Yasa    : Dua...
Pa Miftah : Haduuuhhhhh Gustiiiiiiii..
Aki Isur   : Haduh tegang kieunya .. kenging suarana sami ...
Jang Ion   : Haduh a sami .. kumahanya .. saha anu bakal kenging..
Andrey    : Ehh nya Bapa atuh anu bakal jadi Lurah makh..
Jang Ion   : Amiiiinnnn
P. Pa Mif : Pa Miftah Pa Miftah, Pa Miftah Pa Miftah Pa Miftah ..
P. M Awn: Mang Awan.. Mang Awan Mang Awan Mang Awan Mang Awan...
Pa Lurah  : Ehh tenang atuh para warga.. teu kenging rusuh .. aya hiji deu surat suara..
Pa Yasa    : Sakedap para Ibu para bapak ...upami para Ibu para bapak sareng pemuda teu tiasa aman .. ieu bakal langkung lami..
                   Tah kitu atuhhh ...
                   Dua ....
Kabeh      : Sah ..
P. Pa Mif : Huuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhh
Pa Miftah : Kekekekekekeke Pa Yasa .. tinggali deui bisi salah ..
Pa Yasa    : Atos leres pa No Dua Mang Awan ..
Pa Miftah : Kekekeke mana cik Ninggali .. (Pa Miftah nyamperkeun Pa Yasa deuk ngayakinkeun surat suara)
Pa Yasa    : Mangga Pak bilih teu percanteun makh ...
Pa Miftah : Wahhh ieu makh sabotase eung ... aya anu curang .. anu Licik ... pokonamah Simkuring anu kudu jadi Lurah..
Pa Lurah  : Ehh ari Pa Miftah,,, panan ieu tekh buktosna...sanes milik we panginteun.. sok tenang .. calik deui dina korsi..
Jang Ion   : Sing sabar nya Pa .. sanes rezekina panginten ..
Pa Miftah : Cicing budakmah .. ieumah urusan kolot..
                   Ieumah aya sabotase ..aya anu licik..
Mg Awan : Maksadna Pa Miftah naon .. abdi mah teu nyabotase ..
Pa Miftah : Akhhh wadull urangge apal .. Mang Awan ngalicik ...
Mg Awan : Astagfirullohhaladzim... leres abdi  mah teu nyabotase.
Pa Yasa    : Ehh atos-atos ...
                   Pa wargi sadayana, hasil perhitungan suara anu parantos dipidambel ku urang sadayana.. anu janten Lurah Desa Seungitan Heula dina periode ayeuna nyaeta Mang Awan ...
                   Mangga ka Mang Awan kapayun..
Mg Awan : Asslamu’alaikum Wr. Wb.
Kabeh      : Wa’alaikumsalam Wr. Wb.
P. M Awn: Mang Awan.. Mang Awan Mang Awan Mang Awan Mang Awan...
Mg Awan : Tos-tos tenang sakedapp ...
                   Hatur nuhun pisan ka warga masyarakat anu parantos percanteun ka Abdi kangge janteun pamingpin atanapi lurah Desa Seungitan Heula.. Insya Alloh Abdi bakal ngajagi kapercanteuna warga masyarakat Desa Seungitan Heula kucara ngajalankeun tugas abdi. Insya Alloh bade ngajanteunkeun Desa Seungitan Heula janten Desa anu makmur, ramah, tenterem, bersih sareng ngajanteunkeun Desa anu nomor hiji anu aya di Kacamatan Kadu Kolot..  Sakali deui abdi ngahaturkeun nuhun ka warga masyarakat Desa Seungitan Heula anu parantos milih abdi.. Mangga ka para warga masyarakat Desa Seungitan Heula diantos kadongkapan nana dinyeun enjing, dina raraga tasyakubinikmat.. mung sakitu anu tiasa didugikeun..
Asslamu’alaikum Wr. Wb.
Kabeh      : Wa’alaikumsalam Wr. Wb.        
P. M Awn: Mang Awan.. Mang Awan Mang Awan Mang Awan Mang Awan...
Ce Endes : Haduhh ieu Eceu moal jadi dikawina atuhh ... Pa Miftah eleh makh ...
Ceu Neng : Huahahahahahhaa wek wek siahhhhh ... hahahahahahhahaha
P. M Awn: Mang Awan.. Mang Awan Mang Awan Mang Awan Mang Awan...
Akhirna Mang Awan anu jadi Lurah Desa Seungitan Heula dina periode ayeuna.. pa Miftah anu ges bebeakan ngamodal nepikeun ka ngajual sawah, kebon jeung ngagadekeun Imahna supaya hayang jadi Lurah.. anu akhirna pa Miftah jadi Linglung..kusabab ayeuna Pa Miftah teu boga nanaon deui ..
Jang Ion   : Mamah...  ieu tuang heula.. sok kadieu urang simpeun heula orokna..
Ceu Tia    : Awas .. eta orok mamah dek dikamanakeun.. kadieukeun .. Nina Bobo oh nina bobo ... (hinggg cerik ngabangingik)..
Jang Ion   : Ehh mah emam heula.. Bapak atos tekenging dipikiran wae.. sok ayeunamah tuang heula..
Pa Miftah : Bapak dua Ibu dua .. Simkuring Miftah, S.Pd., S.Pb.U., M.M.Pd. Alm.. Lurah aaaaaa ... haduh gustiiii (Kudupruk)
Jang Ion   : Ehh pa atos keun wios ...sok tuang heula Pa..
Pa Miftah : Bapak dua Ibu dua.. .. haduhhhhhhhhh gustiiiiiiiii anu aguuuuuuung... atosan Bapak dua Ibu Dua .. atos weungi... hihiihihihihihihihihih...