Program Kerja Ujian Sekolah (US) dan Ulangan Akhir Semester

Program Kerja Ujian Sekolah (US) dan Ulangan Akhir Semester

 Program Kerja Ujian Sekolah (US)


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      Pengertian

Ulangan Akhir Semester merupakan salah satu mata rantai dari program belajar mengajar yang merupakan alat ukur untuk rnengetahui keberhasilan siswa dapat menguasai materi pelajaran yang telah diterimanya selama suatu program pengajaran selama satu semester.

Hasil Ulangan Akhir Semester ini dapat juga dijadikan untuk mengetahui prestasi siswa berupa nilai yang nantinya tertuang dalam buku laporan pendidikan, serta sebagai standar kenaikan kelas.

Untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan Ulangan Akhir Semester  ini, maka dibuatlah suatu program kerja sebagai pedoman dan acuan bagi para pelaksananya agar dapat bekerja sesuai dengan tugasnya.

Keberhasilan Ulangan Akhir Semester ini tidak hanya bergantung pada program kerja saja, tetapi juga harus ditunjang oleh faktor lain seperti tanggung jawab, kesigapan, dan disiplin dari para pelaksananya, anggaran yang tersedia serta fasilitas penunjang.

 

B.       Landasan Hukum

Penyusunan program kerja ini dibuat berlandaskan kepada :

1.        UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.        PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

3.        Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

4.        Permendiknas No. 23 tahun 2006 tentang Stantar Kompetensi Lulusan

5.        Permendiknas no. 24 tahun 2006 tentang Implementasi Permen 22 dan 23

6.        Permendiknas no 41 tahun 2007 tentang Standar Proses

7.        Permen diknas no 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian

8.        Berdasarkan kalender pendidikan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2016/2017

9.        Surat Keputusan Kepala SMP Muhammadiyah Harumansari No.064/KEP/IV.4.AU/F/2016 tentang Pembentukan KKP dan Penugasan Guru dalam Pengawasan UAS Tahun Pelajaran 2016/2017

 

C.      Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan disusunya Program Kerja Ulangan Akhir Semester (UAS) Ganjil ini adalah:

1.        Memberikan arahan dan pedoman bagi para pelaksanan agar bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang masing-masing.

2.        Menjabarkan pelaksanaan Ulangan Akhir Semester di SMP Muhammadiyah Harumansari Kadungora mulai dari tahap persiapan sampai tahap pelaksanaan serta pelaporan.

3.        Sebagai acuan untuk mengkoordinasikan tugas dan kegiatan personil yang terlibat dalam pelaksanaan Ulangan Akhir Semester.

 

D.      Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan Ualangan Akhir Semester ini adalah mencakup seluruh siswa kelas VII A, VII B, VIII dan IX

 

E.       Sistematika

Program kerja ini disusun dengan sistematika sebagai berikut ;

BAB  I   PENDAHULUAN

A.      Pengertian

B.       Landasan Hukum

C.       Maksuddan Tujuan

D.      Ruang Lingkup

E.       Sistematika

       BAB II  PENGORGANISASIAN

A.      Susunan KKP UAS

B.       Uraian Tugas

C.       Daftar Nama Guru Pembuat dan Pemeriksa Soal Praktek UAS

D.      Daftar Nama Guru Pembuat dan Pemeriksa Soal Tulis UAS

E.       Daftar Nama Guru dan Pengawas UAS

F.        Siswa

       BAB III KEGIATAN

A.      Pelaksanan Kegiatan

B.       Tempat Penyelenggaran

C.       Jadwal UAS

D.      Daftar Peserta Tiap Ruang

      BAB IV PEMBIAYAAN

A.      Rencana Anggaran Penerimaan dari BOS

B.       Rencana Pengeluaran

      BAB V   PENUTUP

A.      Kesimpulan

B.       Saran

      LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

BAB II

PENGORGANISASIAN

 

A.      Susunan KKP UAS

Kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa adanya personil untuk mengatur segala sesuatunya. Adapun susunan personil untuk kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1.        Penanggung Jawab   : Kepala Sekolah

2.        Ketua                        : Fikri Fauzi Luthfi, S.Pd.I

3.        Sekretaris                  : Supian, S.Pd

4.        Bendahara                : Diana, S.Pd.I

5.        Anggota                   : -   

-       Ai Pipih Ratnasari

-       Anggara Setiawan

Catatan:

Susunan KKP ini dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah

 

B.       Uraian Tugas

1.        Ketua:

Ø  Penanggung jawab semua kegiatan UAS Ganjil

Ø  Mengawasi semua kegiatan penyelenggaraan UAS Ganjil

Ø  Bersama dengan urusan kurikulum menyusun program kerja, rencana anggaran penerimaan dan pengeluaran

2.        Sekretaris:

Ø  Menyusun surat-surat yang berhubungan dengan UAS Ganjil

Ø  Menyaipkan blangko-blangko keperluan UAS Ganjil

Ø  Sebagai petugas pengawas UAS Ganjil

Ø  Menyerahkan/ menerima pekerjaan siswa dari pengawas ruangan.

3.        Bendahara:

Ø  Menerima dan menyimpan dana UAS Ganjil dari siswa melalui dana     BOS

Ø  Membuat daftar insentif pengawas, pemeriksaan, dan KKP.

Ø  Membayar insentif  kepada pihak yang berhak menerimanya  sesuai dengan APBS atas dasar persetujuan Kepala Sekolah

Ø  Membuat dan menyusun SPJ.

4.        Anggota:

Ø  Membantu dalam melaksanakan penyelenggaraan UAS Ganjil.

 

C.      Stuktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI

KKP UAS GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

BENDAHARA

DIANA, S.Pd.I

PENANGGUNG JAWAB

AYEP BUDIMAN, S.Ag.,M.M.Pd

KETUA

FIKRI FAUZI LUTHFI, S.Pd.I

SEKRETARIS

SUPIAN, S.Pd

ANGGOTA

 

ANGGARA SETIAWAN

AI PIPIH RATNASARI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


D.      Daftar Nama Guru Pembuat dan Pemeriksa Hasil Praktik UAS Ganjil

No

Nama Guru

Mata Pelajaran

Kelas

1

Apandi, S.Pd.I

PAI & BBA

7, 8 & 9

2

Asep Ramdani, S.Pd

TIK

7, 8 & 9

3

Asep Saprudin, S.Pd.I

PENJASKES

7, 8 & 9

4

Mohammad Ikbal. S, S.Pd.I

SBK

7, 8 & 9

                                                                                                                    

E.       Daftar  Nama Guru Pembuat dan Pemeriksa Soal Tulis UAS Ganjil

No

Nama Guru

Mata Pelajaran

Kelas

1

Ayep Budiman, S.Ag,.M.M.Pd

PKN

7, 8 & 9

2

Holid, S.Sos.

IPS

7, 8 & 9

3

Apandi, S.Pd.I.

PAI

7, 8 & 9

4

Ai Teti Susanti,S.Pd.

Bahasa Indonesia

7, 8 & 9

5

Umarudin

Bahasa Arab

7, 8 & 9

6

Diana, S.Pd.I.

IPA

7, 8 & 9

8

Fikri Fauzi L.,S.Pd.I.

BP/BK & Kemuh

7, 8 & 9

9

Supian, S.Pd

Matematika

7, 8 & 9

10

Dudi Suherman, Amd.

Bahasa Inggris

7, 8 & 9

12

Dede Anisa, S.Pd

Bahasa Sunda

7, 8 & 9

13

Fikri Fauzi Luthfi, S.Pd.I

BP/BK & Kemuh

7, 8 & 9

 

F.       Daftar Nama Guru  Pengawas Ulangan Akhir Semester Ganjil

No

Nama Guru

Ket

Urt

Kode

1

Hl

Holid, S. Sos

yang digunakan adalah kode

2

Ap

Apandi, S.Pd.I

yang digunakan adalah kode

3

Ar

Asep Ramdani, S.Pd

yang digunakan adalah kode

4

Um

Umarudin

yang digunakan adalah kode

5

Dn

Diana, S.Pd.I

yang digunakan adalah kode

6

At

Ai Teti Susanti, S.Pd.

yang digunakan adalah kode

7

Ff

Fikri Fauzi Luthfi, S.Pd.I

yang digunakan adalah kode

8

Sn

Supian, S.Pd

yang digunakan adalah kode

9

As

Asep Saprudin,S.Pd.I

yang digunakan adalah kode

10

Ds

Dudi Suherman, A.Md

yang digunakan adalah kode

11

Dd

Dede Anisa, S.Pd

yang digunakan adalah kode

12

Mh

Mohammad Ikbal. S, S.Pd.I

yang digunakan adalah kode

 

G.      Siswa

Kelas

L

P

Jumlah

VII-A

10

18

28

VII-B

11

16

27

VIII

20

24

44

IX

15

29

44

Jumlah

56

87

143

 

 

 

 

 

BAB III

  KEGIATAN

 

A.      Pelaksanaan Kegiatan

1.        Tahap Persiapan

Tanggal

Kegiatan

Ket

02  November 2016

Pembentukan KKP

SK Kepala

02 November 2016

Penerbitan surat pembuatan kisi-kisi soal

Kepada Guru

22  November 2016

Pengumpulan kisi-kisi soal

Dari guru ke KKP

24-25 November 2016

Pengetikan soal UAS

Oleh KKP

30 November 2016

Penggandaan Soal UAS

KKP

5 Desember 2016

Penyiapan ruangan ulangan

KKP

 

2.        Tahap Pelaksanaan

Tanggal

Kegiatan

Ket

1-3 Desember 2016

Pelaksanaan praktik

Guru mata pelajaran

9 Desember 2016

Rekapitulasi nilai hasil praktik

KKP

5-10 Desember 2016

Pelaksanaan UAS Tulis

KKP

14 Desember 2016

Rekapitulasi nilai

KKP

15-16 Desember 2016

Penulisan Rapor

Wali Kelas

117 Desember 2016

Pembagian Rapor

Wali Kelas

 

3.        Tahap Pengelolaan Nilai

Setelah nilai terkumpul dari masing-masing guru mata pelajaran, maka nilai diolah oleh guru mata pelajaran sebagai penimbang untuk nilai raport. Adapun ketentuan penilaian untuk nilai raport adalah sebagai berikut:

Keterangan:

NR      = Nilai Raport

NH      = Nilai harian

UAS    = Ulangan Tengah Semester

NU         = Nilai UAS

AB      = Absensi

4.        Tahap Pelaporan

Tanggal

Kegiatan

Ket

15-16 Desember 2015

Pengumpulan nilai hasil UAS Tulis

Ke KKP

17-18 Desember 2015

Pengisian Rapot

Wali Kelas

19 Desember 2015

Pembagian Rapot

Wali Kelas

21 Desember 2015 - 3 Januari 2016

Libur tahun pelajaran

Semua

 

 

B.       Tempat Penyelenggaraan

Tempat pelaksanaan UAS Ganjil, seluruhnya dilaksanakan di gedung SMP Muhmamadiyah Harumansari Kadungora, yang terbagi menjadi tiga ruang untuk peserta yaitu ruang kelas VII-A, VII-B, dan VIII yang dilaksanakan pada pagi hari dan satu ruang untuk ruang KKP dan Pengawas yaitu di ruangan Tata Usaha.

 

C.      Jadwal Ulangan Akhir Semester (UAS)

1.        UAS Praktik

Jadwal Ulangan Akhir Semester praktik terlampir.

2.        UAS Tulis

Jadwal Ulangan Akhir Semester (UAS) tulis terlampir.

 

D.      Daftar Peserta Tiap Ruang

       Daftar peserta untuk tiap ruangan terlampir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PEMBIAYAAN

 

A.      Rencana Anggaran Penerimaan dari BOS

Sumber pembiayaan kegiatan Ulangan Akhir Semester (UAS) ganjil ini seluruhnya bersumber dari Bantuan Operasional sekolah (BOS). Adapun rencana anggaran penerimaan dari BOS tersebut adalah sebesar Rp. 8.725.200,00-.

 

B.       Rencana Pengeluaran                                       

Rencana pengeluaran kegiatan Ulangan Akhir Semester (UAS) ganjil ini yang seluruh pembiayaannya bersumber dari Bantuan Operasional sekolah (BOS) adalah sebesar Rp. 8.725.200,00-. Hal ini sesuai dengan rencana anggaran penerimaan dari BOS.

 

C.      Rincian Anggaran Biaya

Tabel di bawah ini merupakan rincian anggaran biaya untuk kegiatan Ulangan Akhir Semester (UAS) SMP Muhammadiyah Harumansari Kadungora Tahun Pelajaran 2016/2017:

RINCIAN

ANGGARAN BIAYA

ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

No

Uraian

Volume

Jumlah (Rp.)

1

ATK


250.000,00

2

Pembuatan soal

3  kelas x 2 mapel x 30.000

180.000,00

3

Pembelian soal

143 buah x 17.500

2.502.500,00

4

Pengetikan soal

3 kelas x 2 mapel x 10.000

60.000,00

5

Penggandaan soal

143 rangkap x 2 mapel x 200

57.200,00

6

Pemeriksaan

143  buah x 10 mapel x 750

1.072.500,00

7

Praktek

4 mapel x 143 peserta x 1.000

572.000,00

8

Analisis Soal

143 rangkap x 10 matpel x 300

715.000,00

9

Pengawasan

40 jam x 17.500

700.000,00

10

Monitoring


200.000,00

11

Pengisian Raport

143 rangkap x 1.000

143.000,00

12

Insentif KKP


1.250.000,00

13

Konsumsi



a.  KKP

6 orang x 5 hari x 10.000

300.000,00

b.  Pengawas

2 orang x 5 hari x 10.000

100.000,00

c.  Monitoring

2 orang x 1 hari x 30.000

500.000,00

14

Lain-lain


150.000,00

Jumlah Total

8.725.200,00

 

Terbilang: Delapan Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Lima Ribu Dua Ratus Rupiah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

A.      Kesimpulan

Program kerja Ulangan Akhir Semester (UAS) ganjil merupakan sebuah pedoman pelaksanaan teknis dalam pelaksanaan prgram, keberhasilan pelaksanaan program ini selain tergantung kepada rencana program juga sangat dipengaruhi oleh kredibelitas para pelaksana dalam hal ini panitia.

 

B.       Saran

Maka dengan demikian semoga dengan disusunnya program yang sistematis, dan ditunjang oleh kredibelitas para panitia pelaksana Ulangan Akhir Semester dapat dilaksanakan dengan baik.

 

 

Kadungora,   November 2016

 

Panitia

Ulangan Akhir Semester

Ketua

Sekretaris

 

 

 

 

 

 

FIKRI FAUZI LUTHFI, S.Pd.I

NKTAM. 1098406

SUPIAN, S.Pd

NKTAM. 1212375