RPP Bilangan Pertemuan 1 Kelas 7 SMP

RPP Bilangan Pertemuan 1 Kelas 7 SMP

 RPP Bilangan Pertemuan 1 Kelas 7 SMP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP)

 

Satuan Pendidikan    : SMP Muhammadiyah Harumansari Kadungora

Mata Pelajaran       : Matematika 

Materi Pokok         : Bilangan

Sub Materi           : Membandingkan Bilangan Bulat

Kelas/Semester       : VII/Ganjil

Alokasi Waktu        : 3 X 40 Menit

 

A.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø  Membandingkan Bilangan Bulat

Ø  Mengenal bilangan bulat

Ø  Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka

 

B.        LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya.

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Membandingkan Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 100 Menit)

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Membandingkan Bilangan Bulatmelalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan

·          Membandingkan Bilangan Bulat

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Membandingkan Bilangan Bulat Misalnya

·          Bagaimana cara membandingkan bilangan yang tersusun dari banyak angka?

·          Bagaimanakah pentingnya memahami nilai tempat untuk membandingkan bilangan bulat?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membandingkan Bilangan Bulat

v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

·          Peserta didik diminta untuk menalar seperti yang terdapat pada buku siswa

·          Diskusikan jawaban kalian dengan teman sebangku atau teman dalam kelompok kalian. Tentukan jawaban terbaik jika kalian menemukan jawaban yang berbeda dalam diskusi tersebut. Sajikan jawaban terbaik kalian di dalam kelas. Bagi siswa atau kelompok yang tidak maju harap menanggapi presentasi dari temannya

v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Membandingkan Bilangan Bulat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Membandingkan Bilangan Bulat

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.        PENILAIAN PEMBELAJARAN

  Tes Tertulis

: Terlampir

 

praktek

: Peserta didik diminta untuk berlatih tentang soal yang terdapat pada buku




 

Mengetahui;

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Ayep Budiman, S.Pd.,M.M.Pd

NIP. 197503232008011004

Kadungora, ... Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Supian, S.Pd

NIP. -