Managemen Implementasai Kurikulum

Managemen Implementasai Kurikulum

RESUME

BAB 8
“MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM”
Diajukan Untuk Memenuhi Sal;ah Satu Tugas Pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan
Dosen : Drs. Nurkomarudin,M.Pd




Disusun Oleh :

Kelompok 9
1. Eva Noviani Sutisna ( 09512042)
2. Lingga Peristian Selamet ( 09512037)
3. Rina Nurfitriana ( 09512036)
4. Supian ( 09512038)
5. Yal Rifiyal Ramadhan ( 09512039)



MATEMATIKA 2 – C





SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
( STIKP - GARUT )
2011


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan Resume Bab 9 “Manajemen Implementasi Kurikulum”.
Penyusunan Resume adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah pengelolaan pendidikan.
Dalam Penulisan Resume ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan Resume ini.
Dalam penulisan Resume ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan penelitian ini, khususnya kepada :
1. Bapak Nurkomarudin, M.Pd Selaku Dosen Mata Kuliah Pengelolaan pendidikan yang telah memberikan kemudahan-kemudahan baik berupa moril maupun materiil selama mengikuti Mata Kuliah Tersebut.
2. Rekan-rekan seperjuangan semua di Kelas Matematika 2 C
3. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini
4. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.



Garut, … April 2011



Penyusun

LEMBAR PENILAIAN


No Nama Nilai Keterangan
1. Eva Noviani Sutisna
2. Lingga Peristian Selamet
3. Rina Nurfitriana
4. Supian
5. Yal Rifiyal Ramadhan





Garut, …. April 2011
Mengetahui,
Dosen Mata Kuliah




( Drs. Nurkomarudin, M.Pd )


















3. Prinsip dan Fungsi Manajemen Kurikulum
Ada beberapa fungsi dari Manajemen Kurikulum di antaranya :
1) Maningkatkan efesiensi pamamfaatan sumber daya kurikulum.
2) Maningkatkan Keadilan (equity) dan kesempatan pada siswa untuk memcapai hasil maksimal.
3) Maningkatkan Relevansi dan efektivitas pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik maupun lingkungan sekitar peserta didik.
4) Maningkatkan efektivitas kinerja guru maupun aktivitas siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
5) Maningkatkan efektitivitas kinerja guru maupun aktivitas siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
6) Meningkatkan efesiensi dan efektifitas proses belajar mengajar.
7) Meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membantu mengembangkan kurkulum.
4. Komponen – komponen Kurikulum

• Kurikulum sebagai sistem
Sistem adalah suatu kesatuan sejumlah elemen (objek, manusia, kegiatan, informasi, dsb) yang terkait dalam proses atau struktur dan dianggap berfungsi sebagai satu kesatuan organisasai dalam mencapai satu tujuan.
Jika pemahaman sistem diatas dipergunakan melihat kurikulum itu ada sejumlah komponen yang terkait dan berhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, dipandang sistem terhadapa kurikulum, artinya kurikulum itu dipandang memiliki sejumlah komponen-komponen yang saling berhubungan, sebagai kesatuan yang bulat untuk mencapai tujuan.



Jadi, dapat disimpulkan dilihat dari gambar diatas bahwa anatara satu komponen dengan komponen yang lain mempunyai hubungan erat dan tidak dapat dipisahahkan hal itu ditunjukkan dengan tanda panah yang memiliki dua mata panah
a. Komponen Tujuan
Komponen tujuan berhubungan dengan arah atau hasil yang ingin diarahkan. Dalam skala makro rumusan tujuan kurikulum erat kaitanya dengan filsafat atau system nilai yamng dianut masyarakat. Dan Dalam skala mikro, tujuan kurikulum berhubungan dengan visi dan misi sekolah serta tujuan-tujuan yang lebih sempit. Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi empat yaitu :
1) Tujuan Pendidikan Nasional ( TPN )
Tujuan Pendidikan Nasional ( TPN) adalah tujuan yang bersifat paling umum dan merupakan sasaran akhir yang harus dijadikan pedoman oleh setiap usaha pendididkan, artinya setiap lembaga dan penyelenggara pendidikan harus dapat membentuk manusia sesuai rumusan itu.
Tujuan pendidikan nasional dapat dilihat secara jelas dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistrm Pendidikan Nasional, bahwa : " Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab".
2) Tujuan Institusional ( TI )
Tujuan instruksional (Kompetensi Dasar) dirumuskan sebagai kemampuan-kemampuan yang diharapkan dimiliki anak didik setelah mereka menyelesaikan prosesbelajar mengajar.
1. Tujuan instruksional Umum (Indikator Umum)
Kemampuan tersebut sifatnya lebih luas dan mendalam.
2. Tujuan instruksional khusus (Indikator khusus)
Kemampuan lebih terbatas dan harus dapat diukur pada saat berlangsunganya proses belajar mengajar.
3) Tujuan Kurikuler ( TK )
Tujuan kurikuler (Standart Kompetensi) Adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang study atau mata pelajaran. Oleh sebab itu tujuan kurikuler dapat didefinisikan sebagai kualifikasi yang harus dimiliki anak didik setelah mereka menyelesaikan dalam suatu lembaga pendidikan. Dengan demikian setiap tujuan kurikuler harus dapat mendukung dan diarahkan untuk mencapai tujuan itu.
4) Tujuan Pembelajaran ( TP)
Tujuan pembelajaran merupakan bagian dari tujuan kurikuler, dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh anak didik setelah mereka mempelajari bahasan tertentu dalam bidang studi tertentu dalamsekali pertemuan. Menurut Bloom, dalam bukunya Taxonomy Of Educational Objecvtives ( 1965), bentuk perilaku sebagai tujuan yang harus dirumuskan dapat digolongkan kedalam tiga klasifikasi yaitu, domain kongnitif, afektif, dan psikomotor.
b. Komponen Isi / Materi Pembelajaran.
Pada komponen isi kurikulum lebih banyak menitikberatkan pada pengalaman belajar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam kegiatan proses pembelajaran.
Isi / materi kurikulum hakikatnya adalah semua kegiatan dan pengalaman yang dikembangkan dan disusun untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara umum isi kurikulum itu dapat dikelompokan menjadi :
1. Logika, yaitu pengetahuan tentang benar salah berdasarkan prosedur keilmuan.
2. Etika, yaitu pengetahuan tentang baik buruk, nilai dan moral
3. Estetika, pengetahuan tentang indah-jelek, yang ada nilai seninya.
Dengan demikian, Isi kurikulum hendaknya memuat semua aspek yang berhubungan dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Yang terdapat pada isi setiap mata pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan proses pembelajaran.,
c. Komponen Metode
Komponen Metode ini berkaitan dengan strategi yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan. Metode yang tepat adalah metode yang sesuai dengan materi dan tujuan kurukulum yang akan dicapai dalam setiap pokok bahasan.
d. Komponen Evaluasi
Evaluasi merupakan salah satu komponen kurikulum. Dalam pengertian terbatas, evaluasi kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa tingkat ketercapaian tujuan-tujuan pendidikan yang ingin diwujudkan melalui kurikulum yang bersangkutan Dalam konteks kurikulum evaluasi dapat berfungsi untuk mengetahui apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai atau belum, juga digunakan sebagai umpan balik dalam perbaikan strategi yang ditetapkan. Kedua fungsi tersebut menurut Scriven ( 1967) adalah evaluasi sebagai fungsi sumatif dan evalusi sebagai fungsi formatif.

Evaluasi adalah salah satu komponen kurikulum, dengan evaluasi dapat diperoleh informasi yang akurat tentang penyelenggaraan pembelajaran, keberhasilah siswa, guru dan proses pembelajaran itu sendiri. Berdasarkan hasil evaluasi dapat dibuat keputusan kurikulum itu sendiri, pembelajaran, kesulitan dan upaya bimbingan yang diperlukan.
Jenis-jenis penilaian meliputi :
a) Penilaian awal pembelajaran (Input program)
b) Penilaian proses pembelajaran (Program)
c) Penilaian akhir pembelajaran.(output program)

C. Kasus
Manajemen kurikulum merupakan subtansi manajemen yang utama di sekolah. Prinsip dasar manajemen kurikulum ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan tolok ukur pencapaian tujuan oleh siswa dan mendorong guru untuk menyusun dan terus menerus menyempurnakan strategi pembelajarannya..
Manajemen Kurikulum dan pembelajaran diarahkan agar proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang dirumuskan. Guru diberikan Kewenangan untuk mengembangkan kurikulum agar proses belajar mengajar memiliki makna pada diri siswa dan guru. Untuk itu, agar pelaksanaan kurukulum di sekolah melalui empat tahap yaitu :
1. Tahap Perencanaan
Pada tahap ini perlu dijabarkan menjadi rencana Pembelajaran ( RP). Guru melakukan persiapan yang komprehensif sebelum melakukan persiapan dari mulai tujuan pembelajaran, materi yang akan disampaikan, metode yang akan digunakan, buku sumber atau referensi, dan evaluasi yanga kan diterapkan.
Dalam tahap perencanaan ini pula perlu dipahami hal-hal sebagai berikut :
a. Penjabaran GBPP menjadi Analisis Mata Pelajaran
b. Memiliki Kalender Akademik,
c. Menyusun Program Tahunan
d. Menyusun Program Ctur Wulan
e. Program satuan pembelajaran,
f. Rencana Pengajaran.
Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan pedoman guru dalam melaksanakan kegitan belajar mengajar, oleh karena itu kepala sekolah perlu memberikan perhatian, pembinaan, dan bantuan serta memeriksa pekerjaan guru tersebut.
2. Tahap Pengorganisasaian dan koordinasi
Pada tahap Pengorganisasian dan koordinasi ini merupakan tahap yang perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh kepala sekolah beserta tim yang dibentuk untuk memudahkan pembagian tugas sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan.Pada tahap ini hal-hal yang perlu diperhatikan oleh kepala sekolah adalah sebagai berikut :
a. Kalender akademik disusun berdasarkan rencana program kegiatan yang akan berlangsung di sekolah selama satu tahunkedepan
b. Penyusunan jadwal pelajaran didasarkan kepada kewajiban mengajar guru 5 hari/minggu
c. Pengaturan tugas dan kewajiban guru dilandasi oleh kebersamaan, keadilan, dan tidak menimbulkan permasalahan.
d. Program kegiatan sekolah di susun berdasarkan kebutuhan nyata untuk meningkatkan, mengembangkan dan memajukan sekolah.
3. Tahap Pelaksanaan
Pada tahap ini merupakan tahap yang paling menentukan apakah sekolah di bawah kepemimpinan kepala sekolah dapat mewujudkan program sekolah atau tidak. Proses belajar mengajar akan berjalan secara efektif apabila guru dan kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan demikian, kepala sekolah dan guru akan terbuka dalam memberikan masukan atau kesulitan yang di hadapi dengan tujuan untuk kemajuan dan peningkatan mutu pembelajaran.
4. Tahap Evaluasi dan Pengendalian
Dengan demikian evaluasi juga dapat menjadi umpan balik bagi guru untuk memberbaiki proses pembelajaran selanjutnya. Agar evaluasi yang dilakukan sesuai sesuaim dengan tujuan yang diharapkan perlu diperhatikan mulai dari persiapan awal , menyiapkan bahan-bahan evaluasi yang diperlukan, menyusun kisi-kisi evaluasi, dll, karena evaluasi yang dilakuakn dengan penuh tanggung jawab dan objektif dapat mengukur kemampuan siswa akan berdampak pada peningkatan mutu yang berkelanjutan.


DAFTAR PUSTAKA
Tim Dosen Administrasi Pendikan Universitas Pendidikan Indonesia,. Manajemen Pendidikan: AlfaBeta, 2010
Aplikasi Array Input Data Mahasiswa dan Permasalahan Matematika

Aplikasi Array Input Data Mahasiswa dan Permasalahan Matematika



PEMROGRAMAN DELPHI (ARRAY)
DALAM INPUT DATA MAHASISWA DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Program Komputer
Dosen : Deddy Sofyan, M.Pd.
Disusun oleh:
Supian
[ 09512038 ]
Prog. Studi : Pendidikan Matematika S-I








SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
GARUT


DAFTAR MENU
1. FORM COVER

Form Cover di atas adalah sebagai jembatan untuk menghubungkan ke form selanjutnya yaitu Form Password yang nantinya akan terhubung dengan Form Menu. Adapun untuk membuat form tersebut kita harus menyisipkan beberapa komponen ke dalam form tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Komp. Caption Name Visible
Label1 Aplikasi Array Label1 false
Label2 Dan Label2 false
Label3 Permasalahan Dalam Matematika Label3 false
Label4 Untuk Memenuhi Tugas Program Komputer Label4 false
Label5 Disusun Oleh : Label5 false
Label6 Supian [09512038] Label6 false
Label7 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Label7 false
Label8 Garut Label8 false
Label9 2010/2011 Label9 false
Label10 Label10 Label10 false
Label11 Label11 Label11 false
Timer1 Timer1 
Timer2 Timer2 
Image1 ImageStkip false

Untuk komponen timer1 interval dirubah menjadi 800, sedangkan untuk timer2 tetap 1000. Untuk Formnya juga Caption dan Namenya dirbah menjadi Forn Cover dan FormCover. Adapun untuk program listingnya adalah sebagai berikut:
Var

FormCover: TFormCover;
a:integer;
implementation
uses U_Password;
{$R *.dfm}

procedure TFormCover.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin

Label10.Caption:='Pukul '+Timetostr(Now);
Label11.Caption:='Tanggal '+Datetostr(Now);
if ProgressBarCover.Position = 100 then

begin
Timer1.Enabled:=False; FormCover.Hide; formPassword.show;
end
else
begin
ProgressBarCover.Position :=ProgressBarCover.Position + 5;
end;
end;
procedure TFormCover.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin

a:=a+1;
if a=1 then label1.visible:=true; 
if a=2 then label2.Visible:=true;
if a=3 then label3.Visible:=true; 
if a=4 then label4.Visible:=true;
if a=5 then label5.Visible:=true; 
if a=6 then label6.Visible:=true;
if a=7 then imageStkip.Visible:=true;
if a=8 then label7.Visible:=true;
if a=9 then label8.Visible:=true; 
if a=10 then label9.Visible:=true;
if a=11 then
begin
label1.visible:=false; 
label2.visible:=false; 
label3.visible:=false; 
label4.visible:=false; 
label5.visible:=false; 
label6.visible:=false;
imageStkip.visible:=false;
label7.visible:=false; 
label8.visible:=false; 
label9.visible:=false; 
a:=0; 
end;
end;
2. FORM PASSWORD

Pada Form Password ini kita diperintahkan untuk memasukan password atau PIN, apabila kita salah memasukan PIN tersebut maka akan ada tampilan seperti gambar di atas, dan secara otomatis kita tidak bisa ke Form Menu.Adapun untuk membuat Form Password tersebut adalah sebagai berikut, kita harus menyisipkan komponen label1, label2, edit1, edit2, bitbtn1, dan bitbtn2.
Label1 Label2 
Properties Value
Caption Confirm PIN
Name Label2
Properties Value
Caption Masukan PIN
Name Label1

Edit1 Edit2
Properties Value
Caption Kosongkan
Name Edit1
PasswordChar *
Properties Value
Caption Kosongkan
Name Edit2
PasswordChar *





Bitbtn1 Bitbtn2
Properties Value
Caption OK
Name Bitbtn1
Kind bkOK
Properties Value
Caption Cancel
Name Bitbtn2
Kind bkCancel





Setelah semua komponen di masukan kedalam form lalu masukan program listing seperti berikit:
procedure TFormPassword.BitBtn1Click(Sender: TObject);

begin
if Edit1.Text=Edit2.Text then
FormMenu.show
else
Begin

messagedlg('Password Anda Tidak Cocok'+chr(10)+chr(13)+'Silahkan Untuk Mengulanggi Kembali'+chr(10)+chr(13)+'Atau Silahkan Keluar...Karena Hanya Yang Tau PIN yang Dapat Masuk',
mtinformation,[mbOK],0);
Edit1.SetFocus; 
end;
procedure TFormPassword.BitBtn2Click(Sender: TObject);

begin
application.Terminate;
end;

3. FORM MENU
Pada Form Menu ini kita bisa memilih program mana yang akan kita jalankan, ada beberapa pilihan dalam Form Menu ini diantaranya ada menu Audio Players, Input Data Mahasiswa, Permasalahan Matematika, dan selesai yang fungsinya untuk menutup aplikasi. Untuk komponennya kita harus memasukan:
Komp. Caption Name Visible Komp. Caption Name Visible 
Label1 P Label1 FALSE Label5 O Label5 FALSE
Label2 E Label2 FALSE Label6 G Label6 FALSE
Label3 M Label3 FALSE Label7 R Label7 FALSE
Label4 R Label4 FALSE Label8 A Label8 FALSE
Komp. Caption Name Visible Komp. Caption Name Visible 
Label9 M Label9 FALSE Label16 H Label16 FALSE
Label10 A Label10 FALSE Label17 I Label17 FALSE
Label11 N Label11 FALSE Image1 Image1 FALSE
Label12 D Label12 FALSE Image2 Image2 FALSE
Label13 E Label13 FALSE Image3 Image3 FALSE
Label14 L Label14 FALSE Image4 Image4 FALSE
Label15 P Label15 FALSE Image5 Image5 FALSE

Setelah itu sisipkan MainMenu1 dan Timer1, Double Click pada MainMenu1kemudian masukan menu-menu yang di butuhkan,seperti gambar dibawah ini:

Gambar di bawah ini merupakan Form Menu Yang sudah di runing
Untuk prigram listing Form Menu adalah sebagai berikut:
procedure TFormMenu.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin

a:=a+1;
if a=1 then label1.visible:=true;
if a=2 then label2.Visible:=true;
if a=3 then label3.Visible:=true; 
if a=4 then label4.Visible:=true;
if a=5 then label5.Visible:=true; 
if a=6 then label6.Visible:=true;
if a=8 then label7.Visible:=true; 
if a=9 then label8.Visible:=true;
if a=10 then label9.Visible:=true; 
if a=11 then label10.Visible:=true;
if a=12 then label11.Visible:=true; 
if a=13 then label12.Visible:=true;
if a=14 then label13.Visible:=true; 
if a=15 then label14.Visible:=true;
if a=16 then label15.Visible:=true; 
if a=17 then label16.Visible:=true;
if a=18 then label17.Visible:=true; 
if a=19 then image1.Visible:=true;
if a=20 then image2.Visible:=true; 
if a=21 then image3.Visible:=true;
if a=22 then image4.Visible:=true; 
if a=23 then image5.Visible:=true;
if a=24 then


begin

label1.visible:=false; 
label2.visible:=false; 
label3.visible:=false;
label4.visible:=false; 
label5.visible:=false; 
label6.visible:=false;
label7.visible:=false; 
label8.visible:=false; 
label9.visible:=false;
label10.visible:=false; 
label11.visible:=false; 
label12.visible:=false;
label13.visible:=false; 
label14.visible:=false; 
label15.visible:=false;
label16.visible:=false; 
label17.visible:=false; 
image1.Visible:=false;
image2.Visible:=false;
image3.Visible:=false;
image4.Visible:=false;
image5.Visible:=false;
a:=0;
end; 

Lalu double click MainMenu1 dan double click lagi pada menu yang sudah di tuliskan pada bagian MainMenu tersebut kemudian tuliskan listing program di bawah ini,
procedure TFormMenu.WinamFiant1Click(Sender: TObject);
begin
FormAudioPlayers.show;
end;

procedure TFormMenu.InputData1Click(Sender: TObject);

begin
FormDataMahasiswa.show;
end;

procedure TFormMenu.Kalkulator1Click(Sender: TObject);

begin
FormKalkulator.Show;
end;
procedure TFormMenu.Aritmatika1Click(Sender: TObject);
begin
FormDrtAritmatika.Show;
end;
procedure TFormMenu.Geometri1Click(Sender: TObject);
begin
FormDrtGeometri.show;
end;
procedure TFormMenu.Kubus1Click(Sender: TObject);
begin
FormVLpKubus.show;
end;
procedure TFormMenu.Balok1Click(Sender: TObject);
begin
FormVLpBalok.show;
end;
procedure TFormMenu.Bola1Click(Sender: TObject);
begin
FormVLpBola.Show;
end;
procedure TFormMenu.P1Click(Sender: TObject);
begin
FormFaktorial.Show;
end;
procedure TFormMenu.Faktorial1Click(Sender: TObject);
begin
FormPersKuadrat.show;
end;

procedure TFormMenu.KonversiSuhu1Click(Sender: TObject);
begin
FormKonversiSuhu.show;
end;
procedure TFormMenu.Exit1Click(Sender: TObject);
begin
FormExit.show;
end;

4. FORM AUDIO PLAYERS


Komponen-komponen pada Form Audio Players
procedure TFormAudioPlayers.Button1Click(Sender: TObject);
begin
OpenDialog1.Execute; 
VideoPlayer.FileName:=OpenDialog1.FileName;
VideoPlayer.Open; 
Timer2.Enabled:=true;
end;
procedure TFormAudioPlayers.FileListBox1Click(Sender: TObject);
begin
AudioPlayer.FileName:=FileListBox1.FileName;
AudioPlayer.Open;
Label3.Caption:=FileListBox1.FileName;
AudioBar.Max:=AudioPlayer.Length;
end;
procedure TFormAudioPlayers.FileListBox1DblClick(Sender: TObject);
begin
AudioPlayer.FileName:=FileListbox1.FileName;
AudioPlayer.Open;
Label3.Caption:=FileListBox1.FileName;
AudioBar.Max:=AudioPlayer.Length;
AudioPlayer.Play;
AudioPlayer.Next;
AudioPlayer.Previous;
end;
procedure TFormAudioPlayers.SpeedButton1Click(Sender: TObject);
begin
Paudio.Visible:=SpeedButton1.Down;
end;
procedure TFormAudioPlayers.SpeedButton2Click(Sender: TObject);
begin
vaudio.Visible:=SpeedButton1.Down;
end;
procedure TFormAudioPlayers.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if label3.left<-label3 .width="" thenlabel3.left:="Panel2.Width<br">else
<-label3 .width="" thenlabel3.left:="Panel2.Width<br">
label3.Left:=label3.Left-1;
AudioBar.Position:=AudioPlayer.Position;
end;
procedure TFormAudioPlayers.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin
if image1.left<-image1 .width="" thenimage1.left:="vaudio.Width<br">else
<-image1 .width="" thenimage1.left:="vaudio.Width<br">
image1.Left:=label3.Left-1;
end;
procedure TFormAudioPlayers.Timer3Timer(Sender: TObject);
begin
Videobar.Max:=VideoPlayer.Length;
Videobar.Position:=VideoPlayer.Position;
if label5.left<-label5 .width="" thenlabel5.left:="Panel3.Width<br">else
<-label5 .width="" thenlabel5.left:="Panel3.Width<br">
label5.Left:=label5.Left-1;
VideoBar.Position:=VideoPlayer.Position;
end;

5. FORM INPUT DATA MAHASISWA

Komponen Properties
Bittbtn1 Caption Input Data
Bittbtn2 Caption Retry
Kind bkRetry
Bittbtn3 Caption Close
Kind bkClose
GroupBox1 Caption Input Data Mahasiswa
GroupBox2 Caption Output Data Mahasiswa
Listbox1
Timer1
Label1 Caption Program Input Data Mahasiswa
Panel1 
Timer1 

Untuk listing programnya adalah sebagai berikut:
Var
FormDataMahasiswa: TFormDataMahasiswa;
s:string;
p,i:integer;
No,Nama,Nim,JenisKelamin,Jurusan,NoTelp,Alamat :array[1..100]of string;
implementation
uses U_Menu;
{$R *.dfm}

procedure TFormDataMahasiswa.BitBtn1Click(Sender: TObject);

begin
listbox1.Items.Clear;
s:=inputbox('Loop','Jumlah Perulangan Data','');
p:=strtoint(s);
stringgrid1.Cells[0,0]:='No';
stringgrid1.Cells[1,0]:='Nama';
stringgrid1.Cells[2,0]:='Nim';
stringgrid1.Cells[3,0]:='Jenis Kelamin';
stringgrid1.Cells[4,0]:='Jurusan';
stringgrid1.Cells[5,0]:='No Telephone';
stringgrid1.Cells[6,0]:='Alamat';
for i := 1 to p do
begin
No[i]:=inputbox('ID','No','');
Nama[i]:=inputbox('ID','Nama','');
Nim[i]:=inputbox('ID','Nim','');
JenisKelamin[i]:=inputbox('ID','Jenis Kelamin','');
Jurusan[i]:=inputbox('ID','Jurusan','');
NoTelp[i]:=inputbox('ID','No Telp','');
Alamat[i]:=inputbox('ID','Alamat','');
listbox1.Items.Add('No'+chr(1)+chr(1)+chr(1)+chr(1)+chr(1)+' : '+inttostr(i));
listbox1.Items.Add('Nama'+chr(1)+chr(1)+chr(1)+chr(1)+' : '+nama[i]);
listbox1.Items.Add('Nim'+chr(1)+chr(1)+chr(1)+chr(1)+chr(1)+' : '+Nim[i]);
listbox1.Items.Add('Jenis Kelamin'+chr(1)+' : '+JenisKelamin[i]);
listbox1.Items.Add('Jurusan'+chr(1)+chr(1)+chr(1)+' : '+Jurusan[i]);
listbox1.Items.Add('No Telp'+chr(1)+chr(1)+chr(1)+' : '+NoTelp[i]);
listbox1.Items.Add('Alamat'+chr(1)+chr(1)+chr(1)+chr(1)+' : '+Alamat[i])
listbox1.Items.Add('=============================================================================');
stringgrid1.Cells[0,i]:=No[i]; 
stringgrid1.Cells[1,i]:=Nama[i];
stringgrid1.Cells[2,i]:=Nim[i]; 
stringgrid1.Cells[3,i]:=JenisKelamin[i];
stringgrid1.Cells[4,i]:=Jurusan[i]; 
stringgrid1.Cells[5,i]:=NoTelp[i];
stringgrid1.Cells[6,i]:=Alamat[i];
end; 
procedure TFormDataMahasiswa.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin

listbox1.Clear;
stringgrid1.Cells[0,0]:='';
stringgrid1.Cells[0,1]:='';
stringgrid1.Cells[0,2]:='';
stringgrid1.Cells[0,3]:='';
stringgrid1.Cells[0,4]:='';
stringgrid1.Cells[0,5]:='';
stringgrid1.Cells[0,6]:='';
stringgrid1.Cells[0,7]:='';
stringgrid1.Cells[1,0]:='';
stringgrid1.Cells[1,1]:='';
stringgrid1.Cells[1,2]:='';
stringgrid1.Cells[1,3]:='';
stringgrid1.Cells[1,4]:='';
stringgrid1.Cells[1,5]:='';
stringgrid1.Cells[1,6]:='';
stringgrid1.Cells[1,7]:='';
stringgrid1.Cells[2,0]:='';
stringgrid1.Cells[2,1]:='';
stringgrid1.Cells[2,2]:='';
stringgrid1.Cells[2,3]:='';
stringgrid1.Cells[2,4]:='';
stringgrid1.Cells[2,5]:='';
stringgrid1.Cells[2,6]:='';
stringgrid1.Cells[2,7]:='';
stringgrid1.Cells[3,0]:='';
stringgrid1.Cells[3,1]:='';
stringgrid1.Cells[3,2]:='';
stringgrid1.Cells[3,3]:='';
stringgrid1.Cells[3,4]:='';
stringgrid1.Cells[3,5]:='';
stringgrid1.Cells[3,6]:='';
stringgrid1.Cells[3,7]:='';
stringgrid1.Cells[4,0]:='';
stringgrid1.Cells[4,1]:='';
stringgrid1.Cells[4,2]:='';
stringgrid1.Cells[4,3]:='';
stringgrid1.Cells[4,4]:='';
stringgrid1.Cells[4,5]:='';
stringgrid1.Cells[4,6]:='';
stringgrid1.Cells[4,7]:='';
stringgrid1.Cells[5,0]:='';
stringgrid1.Cells[5,1]:='';
stringgrid1.Cells[5,2]:='';
stringgrid1.Cells[5,3]:='';
stringgrid1.Cells[5,4]:='';
stringgrid1.Cells[5,5]:='';
stringgrid1.Cells[5,6]:='';
stringgrid1.Cells[5,7]:='';
stringgrid1.Cells[6,0]:='';
stringgrid1.Cells[6,1]:='';
stringgrid1.Cells[6,2]:='';
stringgrid1.Cells[6,3]:='';
stringgrid1.Cells[6,4]:='';
stringgrid1.Cells[6,5]:='';
stringgrid1.Cells[6,6]:='';
stringgrid1.Cells[6,7]:=''; 
end;

procedure TFormDataMahasiswa.BitBtn3Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;
procedure TFormDataMahasiswa.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if label1.left<-label1 .width="" label1.left:="Panel1.Width<br" then="">else label1.Left:=label1.Left-1;
<-label1 .width="" label1.left:="Panel1.Width<br" then="">
end;
6. KALKULATOR


Sisipkan komponen-komponen berikiut:
Button Property Nilai Button Property Nilai
1 Caption 0 13 Caption +
Name Button0 Name ButtonPlus
2 Caption 1 14 Caption -
Name Button1 Name ButtonMin
3 Caption 2 15 Caption x
Name Button2 Name ButtonKali
4 Caption 3 16 Caption /
Name Button3 Name ButtonBagi
5 Caption 4 17 Caption div
Name Button4 Name ButtonDiv
6 Caption 5 18 Caption mod
Name Button5 Name ButtonMod
7 Caption 6 19 Caption =
Name Button6 Name ButtonResult
8 Caption 7 20 Caption sqr
Name Button7 Name ButtonKuadrat
9 Caption 8 21 Caption sqrt
Name Button8 Name ButtonAkar
10 Caption 9 22 Caption x^y
Name Button9 Name ButtonPangkat
11 Caption . 23 Caption sin
Name ButtonPoint Name ButtonSin
12 Caption +/- 24 Caption cos
Name ButtonNot Name ButtonCos

Button Property Nilai Button Property Nilai
25 Caption tan 32 Caption n!
Name ButtonTan Name ButtonFak
26 Caption ln 33 Caption off
Name ButtonLn Name ButtonOff
27 Caption log 34 Caption on
Name ButtonLog Name ButtonOn
28 Caption 1/x RadioButton Property Nilai
Name ButtonPer 1 Caption Deg
29 Caption mr Name RbDeg
Name ButtonMr 2 Caption Rad
30 Caption m+ Name RbRad
Name ButtonM 3 Caption Grads
31 Caption pi Name RbGrads
Name ButtonPhi

Pada component palette tab Win32, masukkan komponen StatusBar ke dalam Form1, fungsinya untuk mempercantik tampilan interface program (sebagai footer dari form). Kemudian masukan listing program berikut:
var
FormKalkulator: TFormKalkulator;
MemAngka,MemLogic,MemOperator,MemSimpan:string;
implementation
uses math;
{$R *.dfm}
procedure TFormKalkulator.Butto5Click(Sender: TObject);
begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='5' else
memo1.text:='5';
end else
memo1.Text:=memo1.Text+'5'; end;

procedure TFormKalkulator.Button0Click(Sender: TObject);

Begin 
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='0' else
if memo1.text='0' then memo1.text:='0' else
begin
memo1.Text:=memo1.Text+'0';
MemLogic:='1';
end;
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'0';
end; 

procedure TFormKalkulator.Button1Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='1' else
memo1.text:='1';
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'1';
end;

procedure TFormKalkulator.Button2Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='2'
else
memo1.text:='2';
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'2';
end;

procedure TFormKalkulator.Button3Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='3' else
memo1.text:='3';
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'3';
end;



procedure TFormKalkulator.Button4Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='4' else
memo1.text:='4';
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'4';
end;

procedure TFormKalkulator.Button6Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='6' else
memo1.text:='6' ;
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'6';
end;

procedure TFormKalkulator.Button7Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='7' else
memo1.text:='7' ;
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'7';
end;

procedure TFormKalkulator.Button8Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='8' else
memo1.text:='8';
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'8';
end; 

procedure TFormKalkulator.Button9Click(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
if MemLogic='0' then
begin
MemLogic:='1';
if MemOperator<>'' then memo1.Text:='9' else
memo1.text:='9';
end
else
memo1.Text:=memo1.Text+'9';
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonAkarClick(Sender: TObject);

begin
if memo1.text<>'' then
memo1.Text:=floattostr(sqrt(strtofloat(memo1.Text)));
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonBagiClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='/' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='/';
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text;
End else begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='/';
MemLogic:='0';
end;
end; 
procedure TFormKalkulator.ButtonCosClick(Sender: TObject);

var sudut:real;
begin
if memo1.Text<>'' then
begin
sudut:=strtofloat(memo1.Text);
if RbDeg.Checked = true then sudut:=sudut*pi/180 else
if RbRad.Checked = true then sudut:=sudut else
if RbGrads.Checked = true then sudut:=sudut*pi/200;
memo1.Text := floattostr(cos(sudut));
MemLogic :='0';
end;
end

procedure TFormKalkulator.ButtonDivClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='div' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='div';
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text; end elsebegin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='div';
MemLogic:='0';
end;
end;






procedure TFormKalkulator.ButtonFakClick(Sender: TObject);

var i,n,fak:integer;
begin
if memo1.Text<>'' then
begin
n :=strtoint(memo1.Text);
fak:=1;
for i:=1 to n-1 do
fak:=fak*n;
memo1.Text:=inttostr(fak);
MemLogic :='0';
end;
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonKaliClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='x' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='x';
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text;
end
else
begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='x';
MemLogic:='0';
end;
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonKuadratClick(Sender: TObject);
begin
if memo1.text<>'' then
memo1.Text:=floattostr(sqr(strtofloat(memo1.Text)));
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonLnClick(Sender: TObject);
begin
if (memo1.text<>'') then
memo1.Text := floattostr(ln(strtofloat(memo1.Text)));
end;
procedure TFormKalkulator.ButtonLogClick(Sender: TObject);

begin
if memo1.Text<=inttostr(0) then memo1.Text :='Error'
else
if (memo1.text<>'') then
memo1.Text := floattostr(log10(strtofloat(memo1.Text)));
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonMClick(Sender: TObject);
begin
memo1.Text := MemSimpan ;
end;
procedure TFormKalkulator.ButtonMinClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='-' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='-';
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text;
end
else
begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='-';
MemLogic:='0';
end;
end;



procedure TFormKalkulator.ButtonModClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='mod' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='mod';
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text;
end
else
begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='mod';
MemLogic:='0';
end;
end;


procedure TFormKalkulator.ButtonMrClick(Sender: TObject);
begin
MemSimpan := memo1.Text ; MemLogic := '0';
MemOperator :=''; MemAngka := '0';
end;
procedure TFormKalkulator.ButtonNotClick(Sender: TObject);
begin
if memo1.text<>'' then
memo1.Text:=floattostr(strtofloat(memo1.Text)*(-1));
{mengubah nilai memo1 menjadi positif atau negatif}
end;


procedure TFormKalkulator.ButtonoffClick(Sender: TObject);

begin
memo1.clear; {mengosongkan tampilan layar calculator}
MemLogic:=''; 
MemSimpan :='0';
{menonaktifkan ketiga radiobutton}
RbDEG.Checked :=false;
RbRAD.Checked :=false;
RbGRADS.Checked:=fale;
end;


procedure TFormKalkulator.ButtonOnClick(Sender: TObject);

begin
{setting ketika tombol on ditekan}
Memo1.Text:='0';
{membuat layar kalkulator berisi angka 0}
MemLogic:='0';
{merubah nilai variable MemLogic menjadi 0}
MemOperator :='';
{mengosongkan nilai variable MemOperator}
MemAngka :='0';
{merubah nilai variable MemAngka menjadi 0}
{mengaktifkan kembali ketiga radiobutton}
RbDEG.Enabled:=true;
RbRAD.Enabled:=true;
RbGRADS.Enabled:=true;
RbDEG.Checked:=true; {mengecek radiobutton RbDeg}
end;


procedure TFormKalkulator.ButtonPangkatClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='^' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='^'; 
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text;
end
else
begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='^';
MemLogic:='0';
end;
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonPerClick(Sender: TObject);
begin
if memo1.Text = '0' then memo1.Text:='Error divide zero' else
if memo1.Text<>'' then memo1.Text :=floattostr(1/strtofloat(memo1.Text));
MemLogic :='0';
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonPhiClick(Sender: TObject);
begin
if memo1.Text<>'' then memo1.Text := floattostr(pi);
end;
procedure TFormKalkulator.ButtonPlusClick(Sender: TObject);

begin
if (memo1.text<>'') then
if MemLogic='0' then MemOperator:='+' else
if (MemOperator='') then
begin
MemOperator:='+';
MemLogic:='0';
MemAngka:=memo1.Text;
end
else
begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemOperator:='+';
MemLogic:='0';
end;
end; 
procedure TFormKalkulator.ButtonPointClick(Sender: TObject);
begin
if memo1.text<>'' then
memo1.Text:=memo1.Text + '.';
{menambahkan tanda desimal(titik) pada teks dari memo}
end;
procedure TFormKalkulator.ButtonResultClick(Sender: TObject);

begin
if MemOperator='+' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)+strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='-' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)-strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='x' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)*strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='/' then memo1.Text:=floattostr(strtofloat(MemAngka)/strtofloat(memo1.Text));
if MemOperator='mod' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka) mod strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='div' then memo1.Text:=inttostr(strtoint(MemAngka)div strtoint(memo1.Text));
if MemOperator='^' then memo1.Text:=floattostr(exp(strtofloat(memo1.Text)*ln(strtofloat(MemAngka))));
MemAngka:=memo1.Text;
MemLogic:='0';
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonSinClick(Sender: TObject);

var sudut:real;
begin
if memo1.Text<>'' then
begin
sudut:=strtofloat(memo1.Text);
if RbDeg.Checked = true then sudut:=sudut*pi/180 else
if RbRad.Checked = true then sudut:=sudut else
if RbGrads.Checked = true then sudut:=sudut*pi/200;
memo1.Text := floattostr(sin(sudut));
MemLogic :='0';
end;
end;

procedure TFormKalkulator.ButtonTanClick(Sender: TObject);

var sudut:real;
begin
if memo1.Text<>'' then
begin
sudut:=strtofloat(memo1.Text);
if RbDeg.Checked = true then sudut:=sudut*pi/180 else
if RbRad.Checked = true then sudut:=sudut else
if RbGrads.Checked = true then sudut:=sudut*pi/200;
memo1.Text := floattostr(tan(sudut));
MemLogic :='0';
end;
end;

procedure TFormKalkulator.FormCreate(Sender: TObject);
begin
memo1.Clear;{mengosongkan caption / lines dari memo1}
{menonaktifkan ketiga radiobutton}
RbDEG.Enabled:=false; RbRAD.Enabled:=false; RbGRADS.Enabled:=false;
end;
7. DERET 
A. Deret Aritmatika
Masukan komponen di bawah ini :
Komponen Caption Visible 
Label1 Menghitung Jumlah Suatu Deret Aritmetika True 
Label2 Sn= 1/2 n(a+Un) dengan Un=a+(n-1)b True
Label3 Masukan Bilangan Pertama True
Label4 Nilai Beda Bilangan True
Label5 Banyaknya n Suku yang Dihitung True
Edit1 Kosongkan True
Edit2 Kosongkan True
Edit3 Kosongkan True
Bitbtn1 Selesai True
Button1 Deret Aritmatika True
Button2 Ulang True
Listbox1 false
Image1 True

Berikut ini merupakan listing programnya:
var

FormDrtAritmatika: TFormDrtAritmatika;
i,n:integer; 
a,b,m,Un,Sn:real;
implementation
uses U_Menu;
{$R *.dfm}

procedure TFormDrtAritmatika.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;
procedure TFormDrtAritmatika.Button1Click(Sender: TObject);

begin
a:=strtofloat(edit1.Text); 
b:=strtofloat(edit2.Text); 
n:=strtoint(edit3.Text);
Un:=a+(n-1)*b; 
Sn:=1/2*n*(a+Un); 
m:= -1;
Listbox1.Items.Add(' Tampilan Hasil Jumlah Deret Aritmetika ');
for i:=1 to n do
begin
m:=m+b;
listbox1.Items.add(' Nilai Suku Ke '+inttostr(i)+' atauU '+inttostr(i)+' = '+floattostr(m));
end;
Listbox1.Items.Add(' Nilai Suku Pertama atau a= '+floattostr(a));
Listbox1.Items.Add(' Nilai Beda Bilangan atau b= '+floattostr(b));
listbox1.Items.add(' Jumlah Deret Aritmetika '+inttostr(n)+' Suku Pertama= '
+floattostr(Sn));
listbox1.Visible:=true;
end;

procedure TFormDrtAritmatika.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear; edit2.Clear; edit3.Clear; listbox1.Clear; listbox1.Visible:=false;
end;
B. Deret Geometri

Kmponen pada Form Deret Geometri hampir sama dengan Form Deret Aritmatika, namun yang berbeda itu pada label dan listing programnya. Adapun listing programnya adalah sebagai berikut:
var
FormDrtGeometri: TFormDrtGeometri;
i,a,r,n:integer; P,Un,Sn:real;
implementation
uses U_Menu;
{$R *.dfm}
procedure TFormDrtGeometri.BitBtn1Click(Sender: TObject);

begin

a:=strtoint(edit1.text);
r:=strtoint(edit2.Text);
n:=strtoint(edit3.Text);
listbox1.Items.Add('Hasil Perhitungan Deret Geometri');
listbox1.Items.Add('-----------------------------------------------------');
P:=-1;
for i:=1 to n do
begin
P:=P+1;
Un:=a*(Exp(P*ln(r)));
listbox1.Items.Add('Nilai Suku Ke '+inttostr(i)+' = '+floattostr(Un));
end;
listbox1.Items.Add('Nilai Suku Pertama atau a = '+inttostr(a));
listbox1.Items.Add('Perbandingan Bilangan atau r = '+inttostr(r));
Sn:=(a*exp(n*ln(r))-1)/(r-1);
listbox1.items.add('Jumlah Deret Geometri '+inttostr(n)
+' Suku Partama = '+floattostr(Sn));
listbox1.Visible:=true;
end; 
procedure TFormDrtGeometri.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear; 
edit2.Clear; 
edit3.Clear; 
listbox1.Clear;
listbox1.Visible:=false;
end;
procedure TFormDrtGeometri.BitBtn3Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;




8. VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN 
a. Volume dan Luas Permukaan Kubus
var
FormVLpKubus: TFormVLpKubus;
s:string; a,p,i:integer; Sisi :array[1..30]of string; V,L:real;
implementation
uses U_Menu; {$R *.dfm}
procedure TFormVLpKubus.Button1Click(Sender: TObject);
begin

edit1.Clear; 
listbox1.Items.Clear; 
s:=inputbox('Loop','Jumlah Perulangan','');
p:=strtoint(s);
for i := 1 to p do
begin
Sisi[i]:=inputbox('ID','Sisi',''); 
edit1.Text:=Sisi[i];
end;
end;

procedure TFormVLpKubus.Button2Click(Sender: TObject);
begin
listbox1.Clear; image2.Visible:=false; edit1.Clear; listbox1.Visible:=false;
end;
procedure TFormVLpKubus.Button3Click(Sender: TObject);
begin close; end;
procedure TFormVLpKubus.Button4Click(Sender: TObject);
begin

a:=strtoint(edit1.Text);
V:=a*a*a;
listbox1.Items.Add('Jadi volume kubus adalah ='+inttostr(a)+' x '+inttostr(a)+' x '+inttostr(a)+' = '+floattostr(V));
L:=6*a*a;
Listbox1.Items.Add('Jadi luas permukaan kubus adalah = 6 ('+inttostr(a)+' X '+inttostr(a)+' ) '+' = '+floattostr(L));
image2.Visible:=true; 
listbox1.Visible:=true;
end;

b. Volume dan Luas Permukaan Balok

procedure TFormVLpBalok.BitBtn1Click(Sender: TObject);
var panjang,lebar,tinggi:integer;
V,L:real;
begin
panjang:=strtoint(edit1.Text);
lebar:=strtoint(edit2.Text);
tinggi:=strtoint(edit3.Text);
V:=panjang*lebar*tinggi;
listbox1.Items.Add('Jadi Volumenya Adalah '+' = '+inttostr(panjang)+' X '+inttostr(lebar)+' X '+inttostr(tinggi)+' = '+floattostr(V));
L:= 2*(panjang*lebar+panjang*tinggi+lebar*tinggi);
listbox1.Items.Add('Jadi Luas Permukaanya Adalah =' + '2('+inttostr(panjang)+'x'+inttostr(lebar)+'+'+inttostr(panjang)+'x'+inttostr(tinggi)+'+'+inttostr(lebar)+'x'+inttostr(tinggi)+')='+floattostr(L));image1.visible:=true;
end;

procedure TFormVLpBalok.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear; edit2.Clear; edit3.Clear; listbox1.Clear; image1.Visible:=false;
end;
procedure TFormVLpBalok.BitBtn3Click(Sender: TObject);
begin close; end;

procedure TFormVLpBalok.Timer1Timer(Sender: TObject);

begin
if label1.Visible=true then 
label1.Visible:=false
else
label1.Visible:=true;
end;

c. Volume dan Luas Permukaan Bola 

procedure TFormVLpBola.Button1Click(Sender: TObject);
var
r:integer; Volume,Luas:real;
begin
r:=strtoint(edit1.Text);
Volume:=3/4*3.14*r*r*r;
edit2.Text:=floattostr(Volume);
Luas:=4*3.14*r*r;
edit3.Text:=floattostr(Luas);
image1.Visible:=true;
image2.Visible:=false;
end;
procedure TFormVLpBola.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear; edit2.Clear; edit3.Clear;
image1.Visible:=false;
image2.Visible:=true;
end;
procedure TFormVLpBola.Button3Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;





9. PERSAMAAN KUADRAT 
var
FormPersKuadrat: TFormPersKuadrat;
A,B,C,D,E,F,G:real;
implementation
uses U_Menu;
{$R *.dfm}
procedure TFormPersKuadrat.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
A:=strtofloat(edit1.Text);
B:=strtofloat(edit2.Text);
C:=strtofloat(edit3.Text);
D:=B*B-4*A*C;
edit4.Text:=floattostr(D);
if D=0 then
begin
E:=-B/(2*A); F:=-B/(2*A);
edit5.Text:=floattostr(E);
edit6.Text:=floattostr(F);
Label10.visible:=true;
G:=(E*E)+(F*F);edit7.Text:=floattostr(G);end
else if D>0 thenbegin
E:=(-B + Sqrt(D))/(2*A);
F:=(-B - Sqrt(D))/(2*A);
edit5.Text:=floattostr(E);
edit6.Text:=floattostr(F);
Label14.visible:=true;
G:=(E*E)+(F*F);
edit7.Text:=floattostr(G);
end
else if D<0 br="" then="">begin
<0 br="" then="">
E:=-B/(2*A);
F:=Sqrt(-D)/(2*A);
edit5.Text:=floattostr(E);
edit6.Text:=floattostr(F);
Label15.visible:=true;
G:=(E*E)+(F*F);
edit7.Text:=floattostr(G);
end;
end;

procedure TFormPersKuadrat.BitBtn3Click(Sender: TObject);

begin
close;
end;

procedure TFormPersKuadrat.Button1Click(Sender: TObject);

begin
edit1.Clear; 
edit2.Clear; 
edit3.Clear;
edit4.Clear; 
edit5.Clear; 
edit6.Clear;
edit7.Clear; 
label10.visible:=false;
label14.visible:=false;
label15.visible:=false; 
end;

procedure TFormPersKuadrat.Timer1Timer(Sender: TObject);

begin
if label10.left<-label10 .width="" br="" then="">label10.Left:=Width
<-label10 .width="" br="" then="">
else
label10.Left:=label1.Left-1;
if label15.left<-label15 .width="" br="" then="">label15.Left:=Width
<-label15 .width="" br="" then="">
else
label15.Left:=label15.Left-1;
if label14.left<-label14 .width="" br="" then="">label14.Left:=Width
<-label14 .width="" br="" then="">
else
label14.Left:=label14.Left-1;
end; 
10. FAKTORIAL

var
FormFaktorial: TFormFaktorial;
a,i,j,jumlah,fakt1,fakt2:integer;
bilangan:array[1..20]of integer;
implementation
uses U_Menu; {$R *.dfm}
procedure TFormFaktorial.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
bilangan[a]:=strtoint(edit2.Text);
for a:= 1 to 5 do
jumlah:=jumlah+bilangan[a];
listbox1.Items.Add('Jumlah Bilangan = '+inttostr(jumlah));
fakt2:=1;
for j := 2 to jumlah do
fakt2:=fakt2*j;
listbox1.Items.Add('Faktorial dari '+inttostr(jumlah)+' adalah ='+inttostr(fakt2));
end;

procedure TFormFaktorial.BitBtn2Click(Sender: TObject);

begin
a:=1;
edit1.Text:=inttostr(a);
edit2.Clear;
listbox1.Clear;
end;


procedure TFormFaktorial.BitBtn3Click(Sender: TObject);

begin
close;
end;


procedure TFormFaktorial.Button1Click(Sender: TObject);

begin
if a<=5 then
bilangan[a]:=strtoint(edit2.Text);
edit2.SetFocus;
fakt1:=1;
for i:=2 to bilangan[a] do
fakt1:=fakt1*i;
listbox1.Items.Add('Data Ke '+inttostr(a)+' : '+inttostr(bilangan[a])+', Faktorialnya adalah ='+inttostr(fakt1));
if a<5 br="" then="">begin
<5 br="" then="">
a:=a+1;
edit1.Text:=inttostr(a);
end
else
if a=5 then
messagedlg('STOP Data Bilangan Sudah 5 buah',mtinformation,[mbYes],0);
end;
procedure TFormFaktorial.FormCreate(Sender: TObject);
begin
a:=1;
edit1.Text:=inttostr(a);
end;


11. KONVERSI SUHU 
procedure TFormKonversiSuhu.Button1Click(Sender: TObject);



begin
if Edit1.Text <> '' then
begin
Edit2.Text := floattostr(strtofloat(Edit1.Text)*9/5+32) + '°';
Edit3.Text := floattostr(strtofloat(Edit1.Text)*4/5) + '°';
Edit4.Text := floattostr(strtofloat(Edit1.Text)+273)+ '°' ;
Edit1.Text := Edit1.Text + '°';
end;
end;

procedure TFormKonversiSuhu.Button2Click(Sender: TObject);

begin
edit1.Clear; edit2.Clear; 
edit3.Clear;
edit4.Clear; 
edit1.SetFocus;
end;

procedure TFormKonversiSuhu.Button3Click(Sender: TObject);

begin
close;
end; 
procedure TFormKonversiSuhu.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);

begin
if key = #13 then
Button1.Click;
end;

procedure TFormKonversiSuhu.FormCreate(Sender: TObject);

VAR
busur:HRGN;
oke:HBRUSH;
setengah:HDC;
begin
busur:=createellipticrgn(5,5,500,500);
setwindowrgn(handle,busur,true);
deleteobject(busur);
end; 
12. SELESAI 

var
FormExit: TFormExit;
a,s:integer;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TFormExit.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
application.Terminate;
end;

procedure TFormExit.Timer1Timer(Sender: TObject);

begin
a:=a+1;
if a=1 then label1.visible:=true;
if a=2 then label2.Visible:=true;
if a=3 then label3.Visible:=true;
if a=4 then label4.Visible:=true;
if a=5 then
begin
label1.visible:=false;
label2.visible:=false;
label3.visible:=false;
label4.visible:=false;
a:=0;
end;
end;





SCRIBD.COM













TERIMA KASIH